sekolah akhir pekan I

Sekolah Akhir Pekan mulai dikembangkan Perkumpulan KerLiP pada tahun 2003 sebagai model pendidikan khusus dan layanan khusus di sekolah-sekolah mitra Perkumpulan KerLiP. Hari Jum’at merupakan hari istimewa di SD Hikmah Teladan Cimahi. Kami mengemas upacara khas Hikmah Teladan yang direncanakan, dilaksanakan, dilaporkan oleh setiap kelas paralel secara bergantian. Selepas istirahat anak-anak memasuki kelas humaniora pilihan yang dibuka untuk beragam anak dan beragam kelas. Beberapa keluarga yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus menitipkan anak berkebutuhan khusus untuk belajar bersama peserta didik lainnya di sekolah mitra KerLiP selama kegiatan humaniora dilaksanakan.

Model Pendidikan Layanan Khusus disediakan bagi anak-anak miskin kota terutama anak yang putus sekolah setelah lulus SD karena alasan ekonomi. Sekolah Akhir Pekan dilaksanakan SMP induk di kota Bandung setelah Kampanye dan Advokasi Education for All tahun 2003. Anak-anak yang menunjukkan kesungguhan dalam belajar  selama Sekolah Akhir Pekan dilaksanakan direkomendasikan menjadi peserta didik SMP Terbuka yang dikelola oleh Yayasan GAPURA mulai tahun ajaran 2004.

Kini Sekolah Akhir Pekan dirintis dan dikembangkan mulai dengan Kelas Kreatif Pendidikan Inklusi dan Ramah Anak bersama para pendidik yang inovatif, kreatif, kritis dan peduli anak. Keluarga-keluarga yang tinggal di Bandung Raya dapat mengikuti Kelas Kreatif ini setiap hari Jum’at pukul 14.00 – 15.30 mulai tanggal 8 Juni 2012. Diharapkan akan tumbuh komunitas belajar mandiri berbasis keluarga yang akan mengembangkan diri menjadi Sekolah Akhir Pekan di lingkungan terdekat.

Temukan  peraturan terkait pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus disini :

1. Permendikbud tentang Pendidikan Layanan Khusus

2.  23. Kesepakatan Bersama KPP&PA dgn 7 Kementerian – Kesos Anjal 2010 (fix),

3.  19. Kesepakatan Bersama KPP&PA dgn Kemendiknas 2010 (fix) (2)

4.  Lingkungan inklusi dan ramah pembelajaran

5. LIRP 1 dan 2 LIRP_2

6. LIRP_3-6 dan perangkat pendukung LIRP_4 LIRP_5 LIRP_6 LIRP_sp_1 LIRP_sp_1_2 LIRP_sp_2 LIRP_sp_2_2 LIRP_sp_3 Perangkat penilaia LIRP

7. Kebijakan PRSABH Kemensos

8. gemari778

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s